Halloween party ideas 2015

TEMU FORMATORES ASIA (Bintaro, 3-8 Maret 2016)



Bertempat di Novisiat Bintaro, pada tgl. 3-8 Maret 2016 diselenggarakan pertemuan para formatores Asia (hanya Filipina dan Indonesia) yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Xaverian. Khususnya formasi yang berada pada level Tunas, Postulat, Novisiat dan Skolastikat. Pertemuan ini dihadiri dan dipandu oleh Pater Jenderal dan P. Pulcini dari pihak Direksi Jenderal di Roma. Sedangkan para partisipan (formatores) yang hadir adalah P. Javier Mexicano (Delegatus Filipina), P. Hebry (dari Tunas Yogyakarta), P. Daniele (Pra-Novisiat Bintaro), P. Yakobus (Novisiat Bintaro), P. Ruby dan P. Alfons (Skolastikat Jakarta) serta Provinsial.

Pastor Jenderal, dalam kata pembukaan, menjelaskan beberapa nilai budaya Asia yang mesti menjadi ciri khas pendidikan dasar di Asia: kepekaan rohani, suasana harmonis, kerapian, suasana ugahari dan keheningan. Pada satu bagian sharing/konferensi (kesaksian) dihadirkan pula P. Thomas Sarjumunarso SJ (Rektor Seminari Wacana Bakti) sebagai pembicara atau narasumber (“keynote-speaker”), di samping P. Yakobus yang membagikan pengalamannya menjadi formator baik yang pernah diembannya di Yaounde maupun sekarang ini sebagai Magister Novis. Dalam konferensi ini ada pertanyaan reflektif bagi formatores  yang dipertajam sebagai suatu “Identikit”; ”Berdasarkan pada kenyataan begitu banyaknya nilai budaya di mana kita berada, manakah ciri khas manusiawi dan injili bagi para Formator Xaverian di Asia?”

Pertemuan ini juga memaparkan pokok-pokok kurikulum (garis besar silabus pendidikan) yang diterapkan pada rumah-rumah pendidikan Xaverian, baik yang ada di Provinsi Indonesia maupun Delegasi Filipina. Sebagai tambahan, P. Pulcini secara khusus mempresentasikan dan memperdalam tentang Ratio Formationis Xaveriane yang baru.

Pertemuan ini ditutup dengan Perayaan Misa pada Selasa, 8 Maret 2016 dengan konselebran utama P. Luigi Menegazzo dan didampingi oleh para formatores. Kepada kita semua telah dikirimkan surat resmi tentang pertemuan itu sebagai “Pesan Terakhir” para formatores Asia.


*Buletin KELUARGA KITA edisi Februari-Maret 2016

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.