Halloween party ideas 2015

Pesta Santo Guido Maria Conforti 
dan Santo Fransiskus Xaverius di Yaoundé- Kamerun




Pesta Conforti
Tanggal 5 November merupakan momen istimewa bagi segenap keluarga Xaverian, pesta Bapa Pendiri Santo Guido Maria Conforti. Untuk itu saya ingin berbagi kisah seputar suasana pesta Conforti di Yaoundé–Kamerun. Pesta Conforti tahun ini sangat unik bagi Komunitas Teologi dan Paroki Jésus le Bon Pasteur Oyom–Abang. Ada beberapa alasan di balik perayaan ini, pertama-tama atas peringatan 150 tahun kelahiran Santo Conforti. Di tingkat regio Kamerun-Tchad, pesta ini merupakan ajang persiapan menjelang kapitel regional bulan desember nanti. Maka para konfrater zona selatan (Bafoussam, Douala dan Yaoundé) turut serta hadir dalam perayaan ini. Suatu kegembiraan juga bagi segenap umat dalam pesta ini, atas 30 tahun kehadiran para misionaris xaverian di Oyom-Abang.

Sebagaimana biasanya, dalam perayaan pesta Conforti diadakan pengikraran kaul kekal dan pembaharuan kaul bagi para frater. Tahun ini ada tiga orang frater yang mengikrarkan kaul kekal : Diego Pirani (Italia), Jean Dieudonné Ndaboroheye (Burundi)  dan Innocent Bashizi (Kongo). Ada juga 7 orang frater yang membaharui kaul-kaul religius mereka: Raul, Herman (Kamerun), Jean (Kongo), Beben, Sipri, John dan Evan (Indonesia). Perayaan Ekaristi di paroki pada pukul 18.00 dipimpin oleh P. Armando Coletto SX (provinsial). Anak-anak turut memeriahkan perayaan ini dengan nyayian dan tarian khas Kamerun. Salah satu bahan persembahan yang dibawakan ke altar adalah foto Santo Conforti yang kemudian dipajangkan di sisi kanan gereja. Simbol kehadiran Santo Conforti yang menyertai para misionarisnya dan umat gembalaannya selama 30 tahun di Oyom-Abang. Perayaan ini diakhiri dengan acara  makan bersama di gereja. Sebuah cara baru yang diterapkan untuk menyapa dan menjamu semua umat dan undangan yang hadir.

Guna mencapai puncak dari pesta Conforti tahun ini, ada beberapa persiapan yang mendahului. Seminggu sebelumnya, para frater mengadakan animasi misioner dan panggilan kepada anak-anak dan kaum muda di paroki. Namun ketika tiba harinya, ada juga waktu untuk masuk dalam permenungan. Sebuah rekoleksi pada hari kamis pagi dibawakan ole P. Carlo Salvadori, SX dengan tema “Injil menurut Conforti: pada mulanya adalah misi.” Bagi Santo Conforti, misi dan hidup religius adalah dua hal yang tidak dipisahkan. Kaul-kaul religius bukan sekadar pengorbanan manusia. Namun terutama rahmat yang menggerakkan dan memberi daya bagi seorang misionaris xaverian demi pewartaan Injil Yesus Kristus kepada segala bangsa, terutama bagi mereka yang belum mengenal-Nya.

Pesta Fransiskus Xaverius
 Hari Kamis tanggal 3 desember 2015 pukul 18. 30 diadakan perayaan Ekaristi dan  Adorasi bersama umat di paroki Jésus le Bon Pasteur Oyom-Abang. Dalam perayaan Ekaristi ini, diadakan pengukuhan akolit bagi Fr. Jean dan Fr. Raul. Begitupun bagi Fr. Herman sebagai lektor. Perjamuan makan malan di komunitas dihadiri oleh para suster Xaviere, sebuah kongregasi dari Prancis yang berkarya di bidang kesehatan.

Dua hari kemudian, tepatnya hari sabtu tanggal 5 desember 2015  merupakan momen puncak dari seluruh rangkaian pesta Conforti dan Fransiskus Xaverius tahun ini. Hari masih pagi, namun Fr. Diego, Fr. Innocent dan Fr. Jean Dieudonné pun akhirnya tiba di komunitas. Mereka menjalani beberapa hari retret persiapan untuk tahbisan diakonat. Perayaan Ekaristi pada pukul 10.00 dipimpin oleh Mgr. Roger Pirenne CICM, ukup emeritus Keuskupan Bertoua. Bersama ketiga konfrater ini, ditahbiskan juga empat orang diakon dan seorang imam baru dari konggregasi Merceder. Perayaan Ekaristi tahbisan ini berlangsung di paroki Sainte Marie Immaculée Conceptione Briqueterie. Sebuah pusat pemukiman kaum muslim di Yaoundé.

Suasana sukacita ini berlanjut dengan perjamuan makan siang bersama di komunitas. Hadir dalam kesempatan ini beberapa keluarga dan undangan. Namun yang paling istimewa di antara mereka adalah bapak Fabio dan mama Nadia, orang tua Fr. Diego yang tinggal bersama kami sejak akhir bulan oktober. Sekian perjumpaan kita, Charitas Christi Urget Nos.
Fr John Taninas, SX

Frater Teologan di Komunitas Teologi Internasional Younde-Kamerun

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.