Halloween party ideas 2015

MENJUMPAI ALLAH DALAM KEHENINGAN NATAL KELUARGA
NAZARETH DAN KEGEMBIRAAN PESTA KELUARGA XAVERIAN
 
Keluarga Mentawai, FOTO: P Anton SX
Lukisan-lukisan kartu natal yang digambarkan para seniman sekitar kelahiran Yesus umumnya bernuansa hening, teduh, dan damai. Bayi Yesus didampingi Yusuf dan Maria serta beberapa gembala dan ternaknya di kandang natal yang sederhana, lusuh dan jauh dari kemewahan. Dialah Sang Almasih, Mesias,  atau Sang Imanuel (Allah beserta kita), yang telah hadir dan masuk dalam sejarah manusia di dunia dengan kesahajaan dan keheningan malam yang kudus.
        
Keluarga Kudus di Nazareth menjadi teladan bagi kita dalam memelihara dan menjaga keheningan peristiwa Natal Tuhan. Namun, justru dari dalam keheningan sekitar kandang Natal itu, dunia memancarkan terang bintang-gemintang dan para malaikat bernyanyiria di surga. Sementara itu para gembala di padang Betlehem pun bersorak-sorai gegap gempita sambil bergegas menuju tempat kelahiran Sang Penebus Dunia di gua NatalNya.

Dalam keheningan malam kudus di Betlehem umat manusia seluruh dunia melihat Sang Terang. Juru Selamat Dunia telah datang! Kita menyambut kehadiran Tuhan dalam keheningan dan kedamaian hati kita. Oleh karena itu dalam rangka perayaan Natal, kita perlu menjaga suasana hati kita agar tidak gaduh, galau, gamang atau gusar saat menerima kedatangan Tuhan dalam diri kita atau saat menyambut Tahun Baru!

Sebagai Xaverian dan pewarta Kabar Gembira, kita juga dituntut untuk selalu mampu memancarkan Sukacita Injil (“Evengelii Gaudium”). Paus Fransiskus menandaskan bahwa seorang pewarta kabar sukacita hendaknya jangan tampil seperti seorang yang baru saja pulang dari penguburan orang mati. Dengan kata lain, kodrat dan jadi diri seorang pewarta, mesti juga tampil dalam pribadi setiap Xaverian kala mewartakan kabar gembira Injili. Pesta St Guido M. Conforti (5 Nov) dan Pesta St Fransiskus Xaverius (3 Des) menjadi kesempatan bagi kita untuk menampilkan wajah-wajah Xaverian yang ceria, gembira, penuh harapan dan semangat misioner yang menyala-nyala.

Kemeriahan perayaan ekaristi kudus dalam rangka pesta Pendiri dan Pelindung Serikat Xaverian itu mesti selalu kita pelihara dan pertahankan. Khususnya dalam rangka Pesta St Fransiskus Xaverius (3 Des), kita biasanya merayakan Ekaristi Kudus bersama para sahabat dan penderma kita dengan penuh kegembiraan dan sukacita yang melimpah. Dalam rangka pesta ini pula kita menyuguhkan presentasi situasi karya kabar gembira di seluruh dunia, serta diimbuhi dengan acara ramah-tamah meriah dan perjamuan makan bersama dalam suasana penuh kekeluargaan. Dan yang paling penting kita ingat adalah bahwa dalam kegembiraan pesta pelindung karya misi, Tuhan hadir dalam diri para sahabat dan penderma yang murah hati dan dermawan.

Dalam kehadiran para penderma itu, Allah juga hadir melalui Penyelenggaraan Ilahinya yang selalu mendukung eksistensi karya misi Xaverian secara menakjubkan di seluruh dunia. Itulah sebabnya, saat kita merayakan Pesta St Fransiskus Xaverius (3 Des), pantaslah kita berdoa tanpa henti, bersyukur dan berterima kasih kepada para sahabat dan penderma kita yang selalu setia menyokong Serikat kita secara spiritual dan finansial. Kita tetap membawa dan mengingat para sahabat dan penderma kita dalam doa-doa kita, khususnya dalam acara Adorasi atau Sembah Sujud setiap hari Kamis.

Demikianlah hendaknya kita selalu bisa menjumpai Allah dalam keheningan dan kesahajaan kelahiran Tuhan dalam Keluarga Kudus di Nazareth, serta dalam kegembiraan pesta Pendiri Serikat dan Pelindung Karya Misi Xaverian di seluruh dunia. Semoga Sang Imanuel yang kita jumpai dan sambut dalam keluarga pastoran/paroki atau keluarga komunitas kita masing-masing membawa Sukacita Injili dalam hati kita, para Xaverian. Semoga.

Selamat merayakan Natal dengan suka cita injili dan memeriahkan Tahun Baru 2015 dengan semangat evangelisasi baru!

Salam persaudaraan in omnibus Christus,

P.Antonius Wahyudianto SX

*Dimuat di majalah KELUARGA KITA nomor 36 edisi Nov-Des 2014


Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.